Tips Amalan di Bulan Muharram Sesuai Sunnah


Tips Amalan di Bulan Muharram Sesuai Sunnah yaitu tepat tanggal 20 Agustus 2020 di hari kamis lalu umat islam seluruh dunia memasuki bulan muharram di tahun 2020 ini. Seperti kita ketahui bahwa bulan ini memiliki keistimewaan tersendiri karena termasuk bulannya Allah SWT yang disebut dengan Syahrullah.


Yang dimaksud dengan bulannya Allah atau Syahrullah karena ada keistimewaan dan kemulian di dalamnya dan setiap hal yang di sandarkan Allah dengan nya maka ada yang dikehendaki Allah pada hal tersebut yang memiliki hikmah masing masing.

Muharram adalah bulan yang termasuk empat bulan haram (suci)
Allah berfirman,
إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ
“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus..” (QS. At-Taubah: 36)


• Yang dimaksud empat bulan haram adalah bulan Dzul Qa’dah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab.
• Disebut bulan haram, karena bulan ini dimuliakan masyarakat Arab, sejak zaman jahiliyah sampai zaman Islam. Pada bulan-bulan haram tidak boleh ada peperangan.


https://konsultasisyariah.com/8913-keutamaan-bulan-muharram.html

Diantara bulan haram ini Allah SWT melarang kita bermaksiat pada ke 4 bulan ini jika bermaksiat dosanya berbeda dengan bulan yang lainnya akan dilipat gandakan dosa nya. Begitu pula jika yang dilakukan amal sholeh, kebaikan, ketaatan maka pahalanya pun akan dilipat gandakan.


Bulan muharram ini di agungkan banyak agama salah satunya orang yahudi,musyrikin arab, syiah dll . Mereka berpuasa asyura di bulan ini dan ada ritual yang dilakukan oleh orang orang syiah yang di sebut dengan peringatan duka karbala yaitu ritual berdarah.


Ritual ini dilakukan atas dasar sebagai bentuk ratapan dan “duka” yang mendalam atas kematian Husein, padahal Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

ليس منا من ضرب الخدود أو شق الجيوب أو دعا بدعوى الجاهلية
“Bukan termasuk golongan kami mereka yang (meratapi kematian dengan) menampar-nampar pipi, merobek-robek saku baju, dan mengucapkan kalimat-kalimat ala jahiliyah.” (HR. Bukhari dan Muslim)


https://konsultasisyariah.com/15076-ahlul-bait-berbicara-tentang-tragedi-10-muharram.html

  • Adapun amalan khusus pada bulan ini yaitu puasa tasyu`a pada tanggal 9 muharram dan puasa asyura tanggal 10 muharram
Tips Amalan di Bulan Muharram Sesuai Sunnah

Sebagai pembeda dengan yahudi maka Rasululah SAW menganjurkan untuk puasa tanggal 9 dan 10 muharram yaitu melakukan puasa tasyu`a dan asyura.

Akan tetapi jika kita puasa pada saat 10 muharram puasa asyura saja tetap mendapat keutamaan hadist tersebut di atas akan tetapi melakukan keduanya adalah yang terbaik.


Selanjutnya bukan hanya puasa seperti yang dijelaskan di atas masih ada banyak amalan dapat kita persiapkan untuk mendapatkan pahala pada bulan ini.


Berikut tips ibadah ibadah sunnah yang secara umum di anjurkan memperbanyak melaksanakannya di bulan ini :

  • Perbanyak Puasa : di bulan muharram ini di anjurkan sekali karena kata nabi SAW sebaik baik puasa setelah ramadhan adalah puasa di bulan muharram , sementara sebaik baik sholat setelah sholat wajib setelahnya adalah sholat qiyamul lail.


Ada beberapa cara puasa di bulan ini, yaitu :

1.puasa daud

2. puasa senin kamis

3. puasa ayyamul bid 13, 14 dan 15 hijriah dalam tiap bulannya

  • Dianjurkan memperbanyak ibadah umum seperti sedekah,infaq.
  • Memberi makan pada orang yang sedang berpuasa ,fakir miskin ataupun orang orang sekitar kita
  • memperbanyak istigfar
  • Perbanyak sholat sunnah ,
  • Membaca al qur`an,
  • Berdzikir sesering mungkin mengingat Allah SWT
  • Banyak bersyukur dll.

BACA JUGA : Dahsyatnya Kekuatan Energi Syukur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *